Mantan Menteri Jokowi Tuding Susi Pudjiastuti Pencitraan soal Penenggelaman Kapal

shares

Wakil Ketua Dewan Penasehat BPN Prabowo-Sandi, Laksamana TNI Purn Tedjo Edhy Purdijanto mengatakan bahwa aksi penenggelaman kapal yang dilakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti hanyalah pencitraan semata.

"Hanya alasan untuk dapatkan popularitas. Itu pencitraan," tegas Tedjo di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Kapal asing yang ditangkap oleh karena kedapatan mengambil ikan di daerah perikanan Indonesia menurutnya tak harus ditenggelamkan.


Misalkan takut kapal tersebut dipergunakan kembali untuk aksi kejahatan ilegal fishin, Ia menyarankan untuk Susi agar bisa membenahi regulasi serta pengawasan.

"Ya pengawasan dong, pengawasannya itu harus dilakukan terhadap kapal-kapal yang sudah disita negara kita berikan kepada koperasi nelayan yang bisa dipercaya aturan jelas, perizinan jelas," ucapnya.

Eks Menkopolhukam di Era Jokowi itu mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan penegasan dari pemerintah, tetapi ada hal yang harus dipertimbangkan lagi.

"Memang perlu kita ada ketegasan penting, tapi bukan berarti semua kapal asing ditenggelamkan. Mestinya kan diserahkan ke koperasi nelayan. Karena membuat kapal mahal loh ini dimanfaatkan untuk kepentingan nelayan," ujarnya.
loading...