Viral Video Dukung Prabowo, Begini Aturan Penggunaan Ruang Sidang di PBB

shares

Seorang pria menyatakan dukungan ke capres Prabowo Subianto di ruang sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan videonya viral. Sebenarnya, ada aturan dalam penggunaan ruangan di PBB.

Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) New York menyatakan pria di video tersebut bukanlah diplomat, melainkan pendamping kelompok pemuda dari Indonesia yang mengikuti lomba debat di New York. PTRI New York juga bicara soal peraturan penggunaan ruang Majelis Umum PBB, yang merupakan lokasi video itu direkam.

"PTRI New York ingin mengingatkan adanya aturan dan etika yang harus dipatuhi terkait penggunaan ruang Majelis Umum PBB sesuai dengan aturan Administratif Sekretariat PBB ST/AI/416," demikian bunyi keterangan dari PTRI New York, Senin (11/2/2019).

Dokumen ST/AI/416 dapat diakses di situs PBB. Dokumen itu berisi instruksi administratif berupa pedoman dan prosedur untuk penggunaan tempat di markas PBB untuk pertemuan, konferensi, acara khusus, dan pameran.

Ada 15 poin dalam instruksi ini. Kriteria penggunaan lokasi di PBB diatur di poin 7 hingga 11.

Poin nomor 7 di instruksi itu berbunyi: "Dalam menggunakan tempat di PBB, rasa hormat harus dipertahankan demi martabat organisasi. Pertemuan dan acara yang diusulkan harus konsisten dengan tujuan dan prinsip-prinsip PBB dan harus bersifat non-komersial. Kantor Layanan Konferensi dan Dukungan berhak untuk menolak atau membatalkan pertemuan atau acara apapun yang dianggap tidak konsisten dengan tujuan organisasi."

Ada pula penjelasan soal kriteria penggunaan lokasi untuk rapat atau acara yang disponsori langsung oleh PBB hingga jika disponsori permanent observer di UN. Kriteria untuk entitas di luar PBB juga diatur di poin 11.

"Entitas luar, termasuk organisasi non-pemerintah (NGO), tidak boleh mengadakan rapat atau acara di PBB demi kepentingan organisasi sendiri atau untuk tujuan mereka sendiri," demikian bunyi poin 11.

Dokumen ST/AI/416 juga mengatur prosedur meminta penggunaan tempat di PBB untuk rapat, konferensi, acara khusus, hingga pameran. Ada pula aturan soal biaya hingga asuransi.

Sebelumnya, video yang viral memperlihatkan pria itu tampak memakai jas dan membawa kertas bergambar Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Dia berada di ruangan Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat.


Ini yang diucapkan pria itu:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dari markas besar Persatuan Bangsa Bangsa, United Nations Headquarters, saya ingin menyatakan dukungan saya kepada Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2019-2024.

Insyaallah kita punya kekuatan, kita punya power untuk mewujudkan mimpi Indonesia ganti presiden, Indonesia Prabowo presiden Insyaallah.

Salam dari New York. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh


https://news.detik.com/berita/d-4424685/viral-video-dukung-prabowo-begini-aturan-penggunaan-ruang-sidang-di-pbb?tag_from=wp_cb_mostPopular_list&_ga=2.16030006.1296718723.1549668778-1687481816.1549668778
loading...