Foto Viral Blusukan ke Nelayan, Moeldoko: Jokowi Tiru Sahabat Rasulullah

shares

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko angkat bicara perihal foto viral Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan blusukan tanpa pengawalan ke Kampung Bahari Tambaklorok, Kelurahan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah. Terkait foto yang beredar di media sosial itu, Moeldoko menilai aksi tersebut karena Jokowi memiliki naluri seorang pemimpin yang ingin memahami langsung kondisi masyarakat.

"Begini lho ya. Kan pemimpin punya naluri. Saya juga pernah menjadi Panglima TNI, punya naluri untuk berkembang. Beliau ingin memahami sesungguhnya," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Moeldoko menilai aksi Jokowi yang melakukan blusukan sendiri itu untuk meniru tauladan dari sahabat Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar. Menurutnya, alasan Jokowi datang pada malam hari ke kampung nelayan hanya ingin memahami dan mendengar apa yang dirasakan masyarakat.

"Dan ini (blusukan tanpa pengawalan) pernah dilakukan setelah Rasulullah, Abu Bakar. Melihat dan mendengar, ingin memahami apa sih yang sesungguhnya terjadi. Dari sisi aspek-aspek lainnya, pasti sudah diperhitungkan," kata dia.

Namun kata Moeldoko, kedatangan Jokowi tetap didampingi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden.

"Berdua ke sana dengan Danpaspampres, tapi kan satuan pengamanannya ditanam sebelumnya oleh Danpaspampres. Dan paspampres enggak mau ambil risiko, beliau enggak boleh tahu, tetapi kita sudah pengamanan," ucap Moeldoko.

Mantan Panglima TNI itu mengklaim tak ada maksud lain termasuk mencari pencitraan terkait kedatangan Jokowi ke daerah tersebut. Menurutnya, inti dari blusukan itu lantaran Jokowi mau langsung mendengar keluhan dari masyarakat.

"Intinya beliau ingin datang ke sana tidak dalam konteks rombongan. Biasanya dalam konteks yang lebih protokoler itu semuanya lebih bermakna. Beliau hanya ingin mencari jawaban apa sih yang sebenarnya dihadapi masyarakat. Enggak ada maksud apapun," tandasnya.

Untuk diketahui, beberapa jam usai debat tersebut, beredar beberapa foto di media sosial yang memperlihatkan Jokowi yang mengenakan kemeja putih berada di sebuah tempat bersama dengan dua orang warga.


Latar belakang foto itu seperti malam hari dan tampak beberapa perahu yang tertambat seperti di dermaga. Ada juga foto lain memperlihatkan Jokowi berfoto bersama beberapa warga. Foto-foto itu beredar di sejumlah media sosial. Belum diketahui secara pasti, sumber pertama terkait beredarnya foto tersebut.

https://www.suara.com/news/2019/02/19/172721/foto-viral-blusukan-ke-nelayan-moeldoko-jokowi-tiru-sahabat-rasulullah
loading...