Fakta Seputar Earpiece yang Bikin Heboh Usai Debat Prabowo vs Jokowi

shares

Debat calon presiden (capres) minggu malam menyisakan banyak cerita. Mulai dari unicorn sampai earpiece yang disebut-sebut digunakan oleh capres nomor urut 01 untuk berkomunikasi dengan tim sukses.

Earpiece itu mendadak ramai di media sosial ketika Jokowi dinilai terlalu sering menekan-nekan telinganya. Dari pesan berantai tersebut, Jokowi dicurigai sedang mendengarkan arahan dari tim sukses untuk arahan berdebat dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Namun komisi pemilihan umum (KPU) menampik kabar penggunaan earpiece oleh Jokowi. Pihak KPU menyebut kedua capres tidak menggunakan alat komunikasi apapun.

Karena sudah terlanjur ramai, yuk kita lihat fakta-fakta soal earpiece yang katanya digunakan oleh salah satu capres. Berikut berita selengkapnya:

Ternyata earpiece ini banyak dijual di toko online. Mulai dari toko online dalam negeri sampai toko online internasional seperti AliExpress atau e-commerece milik Alibaba.

Memang, tak ada penjelasan pasti terkait jenis earpiece yang disebut-sebut digunakan oleh Jokowi saat debat tersebut.

Tapi di toko online earpiece ada berbagai jenis, mulai dari yang menggunakan kabel sampai wireless atau menggunakan bluetooth.

Selain itu dari bentuk juga bermacam-macam, mulai dari yang sangat kecil sehingga hanya ditempelkan di lubang telinga. Kemudian yang menempel dan ada perangkat speaker berbentuk kotak.

Harga yang ditawarkan juga bervariasi mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Selain itu fasilitas yang diberikan mulai dari tombol on off untuk menerima panggilan sampai jarak transmisi. Waktu bicara hingga waktu standby juga menjadi keunggulan produk-produk tersebut.

Pengamat gadget Lucky Sebastian menyebutkan sebenarnya earpiece ini merupakan perangkat komunikasi biasa. Kegunaannya sama dengan headset pada umumnya. Hanya saja, teknologi wireless dan bluetooth membuat earpiece lebih nyaman digunakan jika pengguna banyak bergerak.

"Saya pikir sebenarnya karena ukurannya kecil, lebih mudah digunakan dan tidak mudah copot atau jatuh. Biasa dipakai untuk yang gemar olahraga atau yang sedang berkendara," ujar Lucky saat dihubungi detikFinance, Senin (18/2/2019).

Dia menyebutkan semakin hari jarak transmisi semakin jauh. Jika dulu hanya 5 meter, kini bisa 10 meter. Tergantung dari ruangannya jika ada tembok dan pembatas maka akan mengganggu transmisi suara.

"Semakin canggih earpiece itu makin kecil delay yang ada dari handphone. Kemudian sekarang teknologi stereonya sudah lebih baik jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu," imbuhnya.

Menurut Lucky, saat ini earpiece yang ada di pasaran itu masih memiliki bentuk yang mudah dipasang atau dilepas dari telinga. Untuk earpiece yang masuk ke dalam lubang telinga rasanya tak mungkin dijual di pasaran. Kalaupun ada earpiece itu hanya untuk kepentingan mata-mata.

Mengutip laman resmi e-commerce AliExpress harga satu pasang earpiece wireless bermerk Angslim US$ 23,99 atau setara dengan Rp 335.860. Earpiece ini beraneka warna mulai dari hitam, biru muda, pink sampai putih.

Dari keterangan produk disebutkan ear peace ini memiliki microphone untuk berkomunikasi. Headset ini bisa digunakan hingga 5 jam dengan waktu standby 80 jam. Kemampuan transmisi earpiece dengan perangkat mobile hanya 10 meter.

Selain itu juga ada earpiece merk Getihu yang dibanderol lebih murah yakni US$ 6,78 atau setara dengan Rp 94.920. Warna yang tersedia, biru muda, hitam, pink, putih dan krem.

Sedangkan untuk di e-commerce dalam negeri Jakartanotebook.com earpiece atau wireless earphone dijual dengan harga Rp 47.900 sudah didiskon 50% atau lebih hemat Rp 47.100.

Earpiece ini bisa digunakan untuk menjawab telepon secara langsung melalui koneksi wireless via bluetooth ke smartphone. Sangat cocok jika digunakan ketika berkendara atau sedang jogging.

Waktu bicara earphone ini hingga 5 jam dan waktu standby 110 jam. Bentuk ear peace ini cukup besar jika dibandingkan dengan earpiece yang dijual di AliExpress.

Pengamat gadget Lucky Sebastian menyebutkan produsen earpiece terbesar adalah dari China, sama seperti alat elektronik lainnya. Banyak earpiece yang dijual dengan harga di bawah Rp 100.000.

"Memang banyak yang dijual di bawah Rp 100.000, tapi kan tidak tahu kualitasnya dengan harga semurah itu," kata Lucky saat dihubungi detikFinance, Senin (18/2/2019).

Dia mengungkapkan untuk eapiece yang dibuat oleh brand besar seperti keluaran iPhone harganya di kisaran Rp 2juta, Samsung Rp 1,5- Rp 2 juta.

"Memang segitu harganya, ya tidak murah juga. Tapi ada juga brand seperti Xiaomi juga teknologi mirip-mirip tetapi beda di ketahanan baterai saja," ujarnya.

Saat ini ketahanan baterai earpiece memang di kisaran 4-5 jam. Namun ke depan sudah dikembangkan yang bisa tahan sampai 8 jam. Hal ini karena teknologi bluetooth yang digunakan sudah semakin baik dan membuat baterai semakin irit.

Earpiece ini memang banyak dijual di toko online mulai dari dalam negeri sampai toko online asal China, AliExpress.

Memang, tak ada penjelasan pasti terkait earpiece yang disebut-sebut digunakan oleh Jokowi saat debat tersebut. Tapi di toko online earpiece ada berbagai jenis, mulai dari yang menggunakan kabel sampai wireless atau menggunakan bluetooth.


Selain itu dari bentuk juga bermacam-macam, mulai dari yang sangat kecil sehingga hanya ditempelkan di lubang telinga. Kemudian yang menempel dan ada perangkat speaker berbentuk kotak.

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4434087/fakta-seputar-earpiece-yang-bikin-heboh-usai-debat-prabowo-vs-jokowi/5
loading...